RESUME MATERI 5: PANCASILA SEBAGAI DASAR PEMBANGUNAN INDONESIA EMAS

 


TEMA: PANCASILA SEBAGAI DASAR PEMBANGUNAN INDONESIA EMAS

Pemateri: Ema Umiyyatul Chusnah,S.T.,M.M.Pd

Resume:

Badan Pusat statistik menyebutkan bahwa kita memiliki bonus demografi dengan adanya besar jumlah penduduk yang pada masa usia prodektif yaitu 15 -46 tahun meningkat. Tantangan yang dihadapi oleh Indonesia dalam mempersiapkan bonus demografi Indonesia cukup besar.

Menggali kembali makna nilai-nilai Pancasila sebagai pandauan dan semangat awal untuk memerangi radikalisme menuju Indonesia emas 2045. Pendalaman karakter manusia Indonesia yang berdasarkan pada nilai-nilai Pancasila yang cukup kuat untuk menangkal paham paham redakalisme.

Pada hakikatnya Pancasila sebagai paradigma pembangunan nasional mengandung arti bahwa segala aspek pembangunan harus mencerminkan nilai-nilai Pancasila. Sedangkan untuk pembangunan nasional adalah untuk manusia Indonesia, dimana kodratnya manusia memiliki kedudukan sebagai makhluk individualisme dan makhluk sosial. Manusia memiliki fungsi monodualistis, tidak hanya mengejar kepentingan dunia tetapi mendapatkan kebahagian di akhirat kelak. Sila demi sila menunjukkan sistem etika dalam pembangunan IPTEK.

Kedudukan Pancasila dalam pembangunan sosial

1.Pancasila harus menjadi kerangka kognitif dalam identifikasi diri sebagai bangsa

2.Pancasila sebagai landasan pembangunan nasional

3.Pancasila merupakan arah pembangunan nasional

4.Pancasila sebagai moral pembangunan

Pancasila sebagai konfigurasi budaya bangsa merupakan nilai-nilai budaya inti (cover valves) yang harus dijabarkan dan dikembangkan dalam sejumlah nilai dan pranata sosial sejalan dengan perkembangan masyarakat, kemajuan teknologi dan perubahan lingkungan. Nasionalisme kemanusiaan yang dikembangkan oleh Nahdlatul Ulama paham kebangsaan yang memberikan pengakuan kepada seluruh elemen bangsa yang terdiri dari suku, ras, agama dan antar golongan yang berbeda. Dalam mengimplementasi nasionalisme kemanusiaan Nahdlatul Ulama menerapkan prinsip dasar yaitu tawazun, tasamuh, tawasut, dan i'tidal dalam sektor kehidupan berbangsa dan bernegara.

- Facebook: https://www.facebook.com/unusaofficialfb

- Instagram: https://instagram.com/unusa_official?igshid=MzRlODBiNWFlZA==

- Website UNUSA: UNUSA

Lihat juga blok teman saya: https://ekiristi2.blogspot.com/?m=1

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RESUME MATERI : PROSES PELAYANAN KESEHATAN

RESUME MATERI : ALUR PENGGUNAAN DAN PELAYANAN DI PERPUSTAKAAN